Minggu, 09 November 2014

Profesionalisme Audit Akuntan Publik pada Bre-X. Punyakah Akuntan Publik Sendiri?

Sejarah Bre-X
Bre-X adalah sebuah perusahaan tambang Kanada yang pernah dilaporkan menguasai sebuah cadangan emas yang sangat besar di Busang, Kalimantan. Bre-X membeli situs Busang pada Maret 1993 dan pada oktober 1995 mengumumkan telah menemukan emas pada jumlah yang sangat besar, sehingga menyebabkan harga sahamnya membubung tinggi, Pada mulanya, sahamnya bernilai sangat kecil, namun setelah pengumuman itu, harga sahamnya mencapai nilai tertinggi pada $286.50 (dollar Kanada) di TSX dengan kapitalisasi totalsenilai lebih dari $6 milliar dollar kanada.
Cadangan emas diBusang dilaporkan sebesar 200juta ounces (6.200 ton) atau sama dengan 8% dari seluruh cadangan dunia. Namun, ternyata iniadalah penipuan besar – besaran dan disana tidak emas. Sampel – sampel utamanya telah dipasulkan dengan menaburkannya dengan emas dari luar. Sebuah laboratorium independen belakangan mengklaim bahwa penipuan itu telah dilakukan dengan buruk, termasuk dengan menggunakan pengerokan dari perhiasan emas. Pada 1997, Bre-X runtuh dan sahamnya menjadi tidak bernilai dalam skandal saham terbesar dalam sejarah kanada.
Bre-X akhirnya dinyatakan bangkrut pada 2002 meskipun sejumlah perusahaan subsidernya seperti Bro-X berlanjut hingga 2003.
Felderhof tetap tinggal di Kepulauan Cayman yang tidak mempunyai perjanjian ekstradisi dengan kanada, meskipun sejumlah laporan mengatakan dia Nerada di Negara – Negara lain. Pada 2000 dan 2001, Komisi Kemanan Ontario menuduhnyamelakukan insider trading. Pengadilan dilangsungkan tanpa kehadirannya, tetapi diskors pada April 2001 ketika komisi berusaha menyingkirkan hakim kepalanya, Peter Hryn dengan alasan ia biasa terhadap tuntutannya. Hal ini disangkal, dan pada 10 Desember 2003 bandingannya juga ditolak.
Proses peradilannya dialnjutkan pada 6 Desember 2004 dan diharapkan akan berlanjut hingga setidak – tidaknya April 2005.
Kasus ini berlanjut  terus dan pada 21 Agustus 2006 pendapat penasihat hokum untuk Komisi Keamanan Ontario dan John Bernard Felderhof akan didengar di gedung pengadilan di balai Kota Lama (Toronto).
Profesional Audit Akuntan Publik Bre-X
Seorang auditor harus memiliki keahlian dalam menganalisa suatu laporan keuangan, mengungkapkan kecurangan didalamnya, melaporkan laporan tersebut berdasarkan fakta dan bertindak sesuai dengan kode etik auditor. Pada kasus diatas, auditor tidak menerapkan kode etik sebagai dasar profesinya, tidak memiliki independensi mental, sehingga kemahiran professional dari auditor salah digunakan, auditor lebih memilih untuk berdiam diri atau bahkan bersekongkol dengan perusahan melakukan kecurangan.
Apakah Bre-X punya Akuntan Publik Sendiri?
Sudah jelas dalam kasus diatas Bre-X tidak mempnyai Akuntan Publik sendiri. Dikarenakan tidak memiliki sikap kejujuran, melihat tindakan tidak terpuji yang dilakukan perusahaan yang mengakibatkan kerugian besar bagi Kanada, auditor tidak melakukan apa – apa, ia tidak memiliki siakp kejujuran dalam diri bahkan auditor lebih memmilih untuk disuap.



Sumber: http://id.m.wikipedia.org/wiki/Bre-X dan http://tulisanheboh.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar