Kamis, 23 April 2015

Bab 5 – Pelaporan dan Pengungkapan

1.  Jelaskan dengan singkat perbedaan antara patokan akuntansi dan pengungkapan akuntansi! Dari kedua proses pelaporan tersebut, menurut anda yang manakah yang menjanjikan kemajuan inovatif untuk 10 tahun ke depan? Mengapa?
Jawab:
-  Patokan Akuntansi adalah Pengukuran hanya sebatas informasi murni yang belum di olah menjadi informasi yang siap di gunakan.
-       Pengungkapan Akuntansi adalah Standard dan praktik pengungkapan dipengaruhi oleh sumber-sumber keuangan, sistem hukum, ikatan politik dan ekonomi, tingkat pembangunan ekonomi, tingkat pendidikan, budaya dan pengaruh lainnya.
- Yang menunjukkan kemajuan inovatif yang besar selama 10 tahun mendatang adalah pengungkapan akuntansi, karena meskipun praktik pegungkapan sangat berbeda-beda di setiap Negara, tetapi sekarang perlahan mulai timbul kemiripan (konvergensi) dengan secara sukarela mengadopsi standar pelaporan keuangan internasioal (IFRS) atau GAAP Amerika serikat, mematuhi ketentuan pasar bursa efek dan badan regulator domestic dan luar negeri memberikan respon terhadap berbagai permintaan informasi yang diajukan para investor dan analis. 

2.  Mengapa perusahaan multinasional bertanggung jawab atas kelompok masyarakat tertentu daripada kelompok investor tradisional?
Jawab: Karena di negara – negara lainnya (seperti Perancis, jerman, jepang, dan berbagai negara dengan pasar yang baru muncul), pemegang saham tetap terkonsentrasi dan bank (dan/atau pemiliknya keluarga) secara kelompok tradisional telah menjadi sumber keuangan utama perusahaan. Susunan ditempatkan untuk melindungi yang sedang memegang manajemen. Pengungkapan publik atau kelompok masyarkat kurang berkembang dalam semua pasar ini dan perbedaan yang besar dalam bobot informasi yang diberikan dengan besar pemegang saham dan kreditor yang berhubungan dengan publik mungkin diizinkan.

3.    Apa perbedaan antara pengungkapan sukarela dan pengungkapan yang diperintahkan? Berikan dua penjelasan untuk perbedaan praktik pengungkapan sukarela oleh manajer!
Jawab:
-    Pengungkapan Sukarela adalah  Salah satu informasi utama dalam pencapaian efisiensi pasar modal dan merupakan sarana akuntabilitas publik.
-       Pengungkapan yang diperintahkan adalah  informasi yang harus diungkapkan oleh emiten yang diperintahkan oleh peraturan pasar modal suatu negara.
-   Praktik pengungkapan laporan tahunan memperlihatkan respon manajer terhadap kebutuhan pengaturan pengungkapan dan intensif mereka untuk menyediakan informasi laporan keuangan pengguna secara sukarela. Dibelahan dunia, pengungkapan bermakna kecil dan pengawasan serta pelaksanaan praktiknya sukarela, karena manajer perusahaan tidak akan patuh dengan peraturan pengungkapan jika kepatuhan ebih mengurass biaya daripada biaya non – kepatuhan yang diharapkan. Maka dari itu, sangatlah penting untuk membedakan dengan jelas antara pengungkapan yang “dibutuhkan” dan pengungkapan yang sebenarnya dibuat.
Contohnya: Pengungkapan tentang pengembangan adalah kebijaksanaan manajer memainkan peranan penting yang mengawasi sulit. Oleh karena itu, jenis pengungkapan ini kurang lebih sukarela. Akhirnya, peraturan pengungkapan bermacam – macam diseluruh dunia pada area seperti perubahan aporan ekuitas, transaksi dengan pihak terkait, segmen pelaporan, harga aset dan utang finansial dan pendapatan per saham.

4.    Mengapa perkiraan pendapatan dan laba relatif tidak sama?
Jawab: Karena Laba merupakan salah satu faktor penting dalam menaksir kinerja dan sebagai salah satu dasar bagi investor dalam melakukan penaksiran laba di masa yang akan datang. Perkiraan pendapatan digunakan untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan pendapatan dan Pendapatan adalah penghasilan yang timbul dari pelaksanaan akitivitas perusahaan yang biasa (reguler) dan dikenal dengan sebutan yang berbeda-beda, seperti; penjualan, penghasilan jasa (fee), bunga, deviden, royalti dan sewa.

5.  Apakah yang dimaksud dengan pengelolaan perusahaan? Perusahaan yang terdaftar dibeberapa negara diminta untuk mengungkapan informasi tentang praktik pengelolaan perusahaan mereka. Mengapa investor dan analis berpendapat jika informasi tersebut sangat berguna?
Jawab:
-       Pengelolaan perusahaan adalah sistem dimana perusahaan diarahkan dan dikendalikan.
-   Ada perbandingan perusahaan yang terdaftar dibeberapa negara seperti Jerman dan Jepang versus AS dan Inggris, mekanisme pemerintahan secara historis lebih lemah Jerman dan Jepang daripada AS dan Inggris. Akan tetapi, pengelolaan perusahaan telah meningkatkan di beberapa negara di dunia, termasuk Jerman dan Jepang sebagai pengelolaan perusahaan yang menerima perhatian lebih dari pengatur, investor, dan analis yang sangat berguna untuk memberikan informasi. Karena pengungkapan yang akurat dan tepat waktu, yaitu pengungkapan harus mencakup, tetapi tidak terbatas pada materi informasi, informasi harus disiapkan dan diungkapkan sesuai dengan standar kualitas tinggi akuntansi dan keuangan dan pengungkapan non – finansial dan audit tahunan harus dilaksanakan oleh pihak indenpenden, kompeten dan audit bermutu dalam rangka untuk memberikan sebuah sasaran eksternal dan asuransi untuk direksi dan pemegang saham di mana laporan keuangan memperlihatkan kedudukan dan performa keuangan dengan wajar dari perusahaan dalam semua aspek.

Sumber:
Choi, Frederick D.S and Gary K. Meek. 2010. International Accounting. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar